Home » Bisnis » Franchise Alfamart: 5 Keuntungan, Harga & Syarat Daftarnya

Franchise Alfamart: 5 Keuntungan, Harga & Syarat Daftarnya

Franchise Alfamart: 5 Keuntungan, Harga & Syarat Daftarnya

Alfamart, salah satu waralaba terkenal di Indonesia, telah menjadi ikon keberhasilan dalam dunia bisnis ritel. Alfamart bukan hanya sekadar minimarket biasa; namun, ia telah menjadi pilihan utama bagi banyak konsumen karena keberadaannya melimpah di berbagai lokasi.

Harga bersaing, kemudahan bertransaksi, serta kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Kesuksesan Alfamart tidak hanya didorong oleh popularitasnya di kalangan konsumen, tetapi juga oleh model bisnisnya kuat, terutama melalui program franchise Alfamart.

Franchise Alfamart memungkinkan individu untuk memiliki bisnis mereka sendiri dengan dukungan dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) berdasarkan perjanjian jelas.

Bagi para calon pengusaha yang tertarik untuk bergabung dengan jaringan Alfamart, kami telah mengumpulkan informasi penting tentang proses franchise Alfamart.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan rincian tentang persyaratan, prosedur, dan manfaat menjadi mitra Alfamart. Mari kita eksplorasi lebih lanjut!

Keuntungan Franchise Alfamart

Waralaba atau franchise adalah suatu model bisnis yang sangat cocok dipilih bagi individu yang belum memiliki banyak pengalaman dalam dunia bisnis, namun memiliki keinginan untuk meraih keuntungan signifikan.

Dengan mengadopsi model bisnis ini, para calon pengusaha dapat memperoleh pengalaman berharga tentang bagaimana menjalankan sebuah bisnis serta memperoleh keuntungan menjanjikan.

Berikut ini beberapa keuntungan yang dimiliki oleh franchise Alfamart serta alasan mengapa bisnis ini layak dipertimbangkan:

1. Dikenal Oleh Masyarakat Luas (Strong Brand Recognition)

Alfamart telah membangun citra kuat di mata masyarakat karena ketersediaan produk beragam strategi promosi menarik.

Keberadaannya yang terkenal dapat memberikan Anda keuntungan besar dalam mengoptimalkan penjualan produk untuk meningkatkan profitabilitas bisnis Anda.

2. Memiliki Pangsa Pasar Luas (Buying Power)

Selain itu, Alfamart juga memiliki pangsa pasar luas dengan menargetkan konsumen dari berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas, semua dapat menjadi pelanggan potensial bagi Anda.

Dengan demikian, Anda tidak akan kesulitan dalam mencari serta menarik pelanggan baru. Berkat reputasi sudah mapan, Alfamart mampu menjaga keuntungan kompetitifnya di pasar ritel.

Sehingga, di mana pun outlet Alfamart berada, pasti akan memiliki basis pelanggan kokoh & setia. Hal ini memberikan Anda jaminan bahwa bergabung sebagai mitra franchise Alfamart adalah langkah cerdas untuk mengembangkan bisnis Anda.

3. Dukungan Dalam Merintis Usaha Minimarket (Business Assistance)

Alfamart memberikan dukungan komprehensif dalam memulai usaha minimarket, sehingga Anda dapat memulainya tanpa kekhawatiran akan kegagalan atau kebingungan dalam pengelolaannya.

Segala aspek telah dipersiapkan berdasarkan survei serta perencanaan matang, dengan pengelolaan bisnis yang ditangani oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

4. Teruji dan Terpercaya

Selain itu, Alfamart telah terbukti dan terpercaya dalam menjalankan bisnis ritelnya. Mulai dari pengadaan karyawan, operasional harian, pelaporan keuangan bulanan maupun tahunan, pengadaan logistik, hingga manajemen persediaan barang dan teknologi informasi handal.

Dengan lebih dari 100.000 karyawan, lebih dari 400 pemasok, serta mitra lebih dari 3.600, dan basis pelanggan setia melampaui 10.200.000, Alfamart menawarkan dukungan solid serta infrastruktur kokoh bagi para mitranya.

Bergabung dengan Alfamart tidak hanya berarti mendapatkan keuntungan finansial, tetapi juga menjadi bagian dari jaringan bisnis mapan serta terpercaya.

5. Memungkinkan Untuk Memperoleh Pendapatan Tambahan

Anda memiliki peluang untuk meningkatkan pendapatan Anda melalui berbagai cara di dalam dan di sekitar franchise Anda. Salah satu cara adalah dengan menyewakan lokasi di dalam gerai Anda kepada pihak lain untuk menampilkan produk mereka.

Selain itu, Anda juga dapat menawarkan ruang display di depan gerai Anda kepada pihak ketiga sebagai tambahan pendapatan.

Dengan memanfaatkan ruang yang tersedia secara optimal, Anda dapat mengoptimalkan potensi pendapatan tambahan dan meningkatkan profitabilitas bisnis Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Franchise Indomaret: 7 Cara Daftar, Syarat & Keuntungan

Syarat Franchise Alfamart

Untuk memulai usaha minimarket sebagai franchise Alfamart, Anda perlu memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan. Berikut ini adalah persyaratan yang perlu Anda perhatikan:

  1. Kewarganegaraan: Anda harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Minat di Industri Minimarket: Memiliki minat serta komitmen dalam industri minimarket, serta memahami dinamika pasar terkait.
  3. Lokasi Franchise Strategis: Anda perlu memiliki lokasi franchise yang cukup strategis, dengan luas lahan keseluruhan antara 150 m2 hingga 250 m2. Lokasi strategis akan meningkatkan potensi pelanggan & penjualan.
  4. Perizinan: Memenuhi semua persyaratan perizinan yang diperlukan, seperti izin tetangga, izin domisili, SIUP, NIB, NPWP, NPPKP, STPW, & IUTM, sesuai dengan ketentuan berlaku di wilayah Anda.
  5. Dana Investasi: Menyiapkan dana investasi sebagai modal usaha untuk membuka franchise Alfamart. Dana ini akan digunakan untuk pembelian inventaris, renovasi lokasi, dan biaya operasional awal lainnya.
  6. Komitmen terhadap Sistem dan Prosedur: Berkomitmen untuk mengikuti semua sistem dan prosedur yang telah ditetapkan oleh Alfamart sebagai perusahaan induk. Ini termasuk SOP (Standard Operating Procedure) yang telah diimplementasikan untuk memastikan konsistensi operasional di setiap gerai.

Jika Anda telah memenuhi semua persyaratan di atas, Anda sudah dalam tahap lebih dekat untuk memiliki franchise Alfamart. Dengan memahami dan memenuhi persyaratan ini, Anda dapat memulai langkah menuju kesuksesan sebagai mitra franchise Alfamart.

Harga Franchise Alfamart

Harga franchise Alfamart dimulai dari Rp300 juta. Informasi ini disampaikan melalui laman resmi Alfamart, yang juga memberikan detail mengenai tiga skema franchise Alfamart yang berbeda beserta ketentuannya.

1. Franchise Alfamart Gerai Baru

Skema ini memungkinkan calon mitra franchise untuk mengusulkan lokasi baru untuk gerai Alfamart. Harga franchise untuk skema gerai baru ini bervariasi antara Rp300 juta hingga Rp 500 juta. Berikut adalah rincian tipe gerai dan harga franchise berlaku:

  1. Rp 300 juta: Gerai dengan 9 rak, 1.200 produk, dan area sales 30 meter persegi.
  2. Rp 350 juta: Gerai dengan 18 rak, 1.600 produk, dan area sales 60 meter persegi.
  3. Rp 450 juta: Gerai dengan 36 rak, 3.800 produk, dan area sales 80 meter persegi.
  4. Rp 500 juta: Gerai dengan 45 rak, 4.500 produk, dan area sales 100 meter persegi.

Harga franchise Alfamart ini mencakup biaya franchise fee selama lima tahun sebesar Rp 45 juta, instalasi listrik, peralatan gerai dan pendingin udara, mesin kasir dan sistem informasi ritel, tanda toko dan papan nama, perizinan gerai, serta promosi dan persiapan pembukaan gerai.

Informasi ini memberikan gambaran lebih lengkap tentang berbagai skema waralaba Alfamart dan biaya terkait dengan masing-masing skema tersebut.

Dengan pengetahuan ini, calon mitra franchise dapat memilih opsi sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka, serta memahami dengan jelas apa yang akan mereka dapatkan sebagai bagian dari paket waralaba Alfamart.

2. Franchise Alfamart Gerai Baru (Konversi)

Franchise Alfamart juga menawarkan skema konversi bagi pemilik toko minimarket lokal atau warung kelontong yang ingin memperluas usahanya. Skema ini memberikan kesempatan bagi pemilik usaha kecil untuk bekerja sama dengan Alfamart dalam mengembangkan bisnis mereka.

Meskipun detail harga franchise untuk skema konversi ini tidak ditampilkan di laman resmi Alfamart, namun calon mitra franchise akan mendapatkan beberapa keuntungan.

Salah satunya adalah kemudahan dalam menggunakan stok dagangan yang sudah dimiliki oleh toko minimarket atau warung kelontong lokal sebagai bagian dari persediaan awal untuk gerai Alfamart baru.

Rak-rak yang dimiliki oleh toko lokal tersebut juga dapat dimanfaatkan dalam operasional gerai Alfamart, dengan catatan bahwa rak-rak tersebut memenuhi standar yang ditetapkan oleh Alfamart.

Detail lebih lanjut tentang skema konversi ini, termasuk persyaratan dan manfaat yang ditawarkan, dapat diperoleh melalui komunikasi langsung dengan perwakilan Alfamart.

Dengan memahami lebih dalam tentang skema konversi ini, pemilik toko minimarket lokal atau warung kelontong dapat mengeksplorasi peluang untuk mengembangkan usaha mereka dengan dukungan dari Alfamart.

3. Franchise Alfamart Gerai Takeover

Skema franchise Alfamart gerai takeover menawarkan kesempatan bagi calon mitra untuk membeli gerai Alfamart yang sudah beroperasi dengan harga paket yang telah ditetapkan. Harga franchise untuk skema takeover ini bervariasi, dimulai dari Rp800 juta.

Besaran harga ini akan bergantung pada beberapa faktor, seperti harga sewa lokasi dan tingkat penjualan harian gerai tersebut. Dalam harga franchise Alfamart takeover tersebut, sudah termasuk beberapa fasilitas dan harga, antara lain:

  1. Franchise fee dan sewa lokasi selama lima tahun.
  2. Peralatan gerai dan pendingin udara.
  3. Mesin kasir dan sistem informasi ritel.
  4. Tanda toko dan papan nama.
  5. Perizinan gerai.
  6. Goodwill dari gerai yang telah beroperasi.

Dengan mengambil alih gerai yang sudah beroperasi, calon mitra franchise akan mendapatkan manfaat dari daya tarik dan reputasi yang telah ada sebelumnya.

Hal ini dapat membantu dalam mempercepat pertumbuhan bisnis dan meminimalkan risiko terkait dengan pembukaan gerai baru dari awal.

Detail lebih lanjut tentang skema franchise gerai takeover, termasuk proses pengambilalihan dan persyaratan yang harus dipenuhi, dapat diperoleh melalui komunikasi langsung dengan tim franchise Alfamart.

Dengan memahami dengan lebih lengkap tentang skema ini, calon mitra franchise dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis mereka.

Cara Daftar Franchise Alfamart

Apakah Anda tertarik untuk mendaftar sebagai mitra franchise Alfamart setelah membaca informasi di atas? Jika ya, berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai langkah-langkah untuk mendaftar:

  1. Kunjungi Situs Resmi Pendaftaran Waralaba: Kunjungi situs resmi pendaftaran franchise Alfamart disini dan temukan formulir pendaftaran yang disediakan.
  2. Isi Formulir Pendaftaran: Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan.
  3. Klik ‘Daftar’: Setelah mengisi formulir dengan lengkap, klik tombol ‘Daftar’ untuk mengirimkan pendaftaran Anda.
  4. Ajukan Lokasi (khusus bagi yang memilih franchise baru): Jika Anda memilih opsi franchise baru, Anda perlu mengajukan lokasi diinginkan. Lampirkan data lengkap seperti pin lokasi di peta atau Google Maps, serta foto tempat (bagian depan dan belakang).
  5. Proposal dan Persetujuan: Ajukan proposal mencakup kajian potensi lokasi, gambar kerja, Rencana Anggaran Biaya (RAB), dan proyeksi keuangan. Proposal Anda akan dinilai oleh tim Alfamart. Pertimbangan untuk pendaftaran franchise melibatkan evaluasi oleh tim surveyor. Beberapa faktor yang dipertimbangkan antara lain jumlah penduduk di sekitar lokasi, daya beli masyarakat setempat, lalu lintas kendaraan di sekitar lokasi, keberadaan minimarket lain di area tersebut, serta fasilitas penunjang yang ada.
  6. Perjanjian Franchise: Jika pendaftaran Anda diterima, Anda akan diminta untuk menandatangani perjanjian waralaba. Pastikan Anda memahami dan meninjau semua ketentuan tercantum dalam perjanjian tersebut sebelum menandatanganinya.
    Perjanjian waralaba mencakup berbagai aspek dan kewajiban dari kedua belah pihak sebelum gerai dibangun atau dioperasikan di lokasi telah disepakati.
  7. Grand Opening: Setelah semua proses administratif selesai, franchise Anda akan siap untuk dioperasikan. Pastikan Anda telah memperoleh izin dan legalitas diperlukan dari otoritas setempat sebelum membuka gerai Anda.

Dengan memahami seluruh langkah ini, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menjadi mitra franchise Alfamart dan memulai perjalanan bisnis Anda dengan sukses.

Estimasi Keuntungan Franchise Alfamart

Berikut adalah perhitungan estimasi keuntungan dan modal untuk franchise Alfamart yang dikutip dari keuntungan.net. Kami akan memberikan contoh perhitungan dengan menggunakan jenis gerai baru dengan pilihan tipe gerai 45 rak.

Biaya Investasi:

  1. Biaya Franchise: Rp500 juta (untuk Jenis Gerai Baru dengan 45 Rak dan Ukuran 120 m2).

Perkiraan Pendapatan Per Bulan:

  1. Penjualan (Rp25.000.000 x 30 Hari) = Rp750.000.000.
  2. Asumsi Margin Keuntungan Kotor 10% = Rp75.000.000.

Perkiraan Pengeluaran Per Bulan:

  1. Upah Karyawan (5 Orang @ Rp4.000.000) = Rp20.000.000.
  2. Biaya Operasional (2% x Omzet) = Rp15.000.000.
  3. Total Pengeluaran Per Bulan = Rp35.000.000.

Laba Per Bulan:

  1. Laba Per Bulan = Asumsi Keuntungan Margin Kotor – Total Pengeluaran Per Bulan.
  2. Laba Per Bulan = Rp75.000.000 – Rp35.000.000 = Rp40.000.000.

Waktu BEP / Balik Modal:

  1. Waktu BEP / Balik Modal = (Modal Awal : Laba Bersih per Bulan) = Rp750.000.000 : Rp40.000.000 = 18.75.

Dari hasil perhitungan ini, dapat disimpulkan bahwa modal investasi Anda diperkirakan akan kembali dalam kurun waktu 19 bulan.

Ini merupakan perkiraan cukup cepat mengingat besarnya modal dikeluarkan. Namun demikian, perhitungan ini bersifat tentatif dan dapat berubah tergantung pada hasil penjualan yang Anda capai setiap bulannya.

Alfamart merupakan salah satu bisnis ritel yang selalu ramai pembeli. Menjalankan franchise Alfamart dapat memberikan pengalaman berharga dan juga potensi keuntungan menjanjikan, terutama jika Anda menjalaninya dengan serius dan komitmen tinggi.

Bagikan artikel