Home » Bisnis » Franchise Indomaret: 7 Cara Daftar, Syarat & Keuntungan

Franchise Indomaret: 7 Cara Daftar, Syarat & Keuntungan

Franchise Indomaret: 7 Cara Daftar, Syarat & Keuntungan

Membangun sebuah franchise Indomaret terbukti menjadi bisnis dengan tingkat kesuksesan cukup tinggi.

Keberhasilan ini sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa Indomaret beroperasi di bidang ritel, yang cenderung stabil dan terus berkembang sejalan dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat.

Dengan kehadiran Indomaret di seluruh Indonesia, tidaklah mengherankan jika hal tersebut telah menjadi bagian akrab bagi masyarakat Indonesia.

Apakah Anda pernah penasaran tentang berapa investasi awal yang dibutuhkan untuk membuka franchise Indomaret, apa saja syarat, dan bagaimana cara daftar franchise Indomaret? Nah, artikel ini akan mengulas secara lengkap tentang hal tersebut.

Peluang Bisnis Franchise Indomaret

Franchise Indomaret bisa menjadi pilihan bisnis menarik bagi para investor. Bisnis ritel modern seperti Indomaret tetap sangat menguntungkan di kalangan investor.

Dengan lokasi strategis & mudah dijangkau, minimarket seperti Indomaret menjadi pilihan utama masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Dengan jumlah gerai mencapai 21.026 pada November 2022, Indomaret menawarkan peluang bisnis dengan omzet besar.

Beberapa peluang yang ditawarkan oleh franchise Indomaret antara lain:

  1. Permintaan pasar tinggi: Minimarket adalah bisnis yang memiliki permintaan pasar tinggi karena menyediakan berbagai kebutuhan pokok sehari-hari sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
  2. Prospek pertumbuhan menjanjikan: Minimarket memiliki prospek pertumbuhan menjanjikan karena terus berkembang seiring dengan pertumbuhan ekonomi serta
  3. Risiko relatif rendah: Franchise Indomaret memiliki risiko relatif rendah karena mendapatkan dukungan dari franchisor dalam menjalankan bisnisnya. Dukungan ini membantu franchise untuk mengurangi risiko dan meningkatkan peluang kesuksesan mereka dalam menjalankan bisnis minimarket.

Baca Juga: Franchise Es Teh Jumbo: 7 Keuntungan, Harga & Cara Daftar

Keuntungan Franchise Indomaret

Banyak keuntungan yang akan diperoleh dengan membuka franchise Indomaret, di antaranya adalah:

1. Brand Authority Tangguh

Salah satu keuntungan utama dari franchise Indomaret adalah kekuatan mereknya dalam memenangkan kepercayaan serta perhatian dari berbagai kalangan.

Ini tercermin dari kepercayaan yang telah diberikan masyarakat Indonesia kepada Indomaret sejak berdiri pada tahun 1988.

2. Manajemen Profesional

Indomaret telah terbukti memiliki kemampuan untuk bertahan & beradaptasi dengan perubahan selama bertahun-tahun mengelola ribuan lokasi, menunjukkan tingkat profesionalisme serius dalam industri ritel.

Salah satu contoh konkret dari profesionalisme ini adalah proses survey lokasi teliti, memastikan bahwa setiap gerai baru memiliki potensi untuk memberikan keuntungan maksimal kepada para franchisee.

3. Sistem Pemasaran Skala Nasional

Sebagai perusahaan ritel yang hadir di berbagai wilayah yang nyaman bagi masyarakat Indonesia, Indomaret secara terus-menerus menawarkan berbagai promosi untuk produk-produknya tersusun dengan baik.

Promosi diselenggarakan oleh Indomaret tidak hanya terbatas pada periode tertentu, tetapi juga disesuaikan dengan berbagai kelompok usia.

Setiap gerai Indomaret, termasuk yang Anda miliki, turut serta dalam program promosi ini, memastikan bahwa pendapatan dari setiap lokasi memenuhi standar ritel sehat.

4. Prakiraan Laba Sehat

Indomaret menyediakan detail sistem, standar, dan proyeksi laba dapat Anda harapkan pada tahap pembukaan gerai. Setiap hari, pendapatan rata-rata dari setiap gerai Indomaret dilaporkan mencapai kisaran Rp 7 hingga Rp9 juta.

Dengan demikian, gerai Indomaret saat ini mampu menghasilkan pendapatan bulanan sekitar Rp 200 hingga Rp 270 juta.

Estimasi pengembalian modal diproyeksikan adalah antara 3 hingga 4 tahun setelah biaya awal investasi sewa lokasi.

Dengan demikian, pada tahun kelima operasi, Anda bisa mengharapkan pendapatan bersih sekitar Rp 200 hingga Rp 270 juta setiap bulannya sebagai keuntungan.

Kerugian Franchise Indomaret

Selain keuntungan, Anda perlu mengetahui kerugian franchise Indomaret berikut ini:

1. Biaya Karyawan Meningkat

Indomaret memiliki ketentuan mengatur upah minimum bagi para karyawan. Dengan meningkatnya Upah Minimum Regional (UMR), biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar gaji karyawan Indomaret juga semakin besar.

2. Persaingan Semakin Ketat

Semakin banyak orang tertarik dengan peluang franchise Indomaret karena potensi keuntungannya menjanjikan.

Hal ini mengakibatkan peningkatan persaingan di pasar, yang membuat tantangan bagi pemilik franchise untuk tetap bersaing.

3. Pajak Tetap Berlaku Meskipun Mengalami Kerugian

Para pemilik franchise Indomaret tetap terikat oleh kewajiban membayar pajak penghasilan sebesar 1% dari omzet, bahkan jika gerai tersebut mengalami kerugian. Biaya tetap tidak berkurang meskipun keuntungan minim.

4. Pembelian Barang Promo Oleh Konsumen

Seringkali, konsumen langsung memborong barang-barang promo dalam jumlah besar. Namun, secara umum, barang-barang promo tersebut dijual dengan harga rugi, mengakibatkan penurunan profitabilitas bagi pemilik franchise.

5. Kenaikan Biaya Sewa

Biaya sewa lokasi seringkali mengalami kenaikan signifikan. Hal ini membutuhkan perhatian khusus, karena biaya sewa tinggi dapat berdampak negatif pada pendapatan dari gerai tersebut.

Harga Franchise Indomaret

Jika Anda tertarik untuk mencoba bisnis franchise Indomaret, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan modal awal yang dibutuhkan.

Menurut informasi dari situs resmi Indomaret, perkiraan biaya pembukaan gerai baru mencapai sekitar Rp494 juta. Namun, perlu diingat bahwa biaya tersebut belum termasuk biaya sewa bangunan. Berikut adalah rincian biaya secara lebih detail:

  1. Franchise fee selama 5 tahun: sekitar Rp 36 juta
  2. Biaya promosi pembukaan toko: sekitar Rp 9,5 juta
  3. Biaya renovasi dan penambahan daya listrik: sekitar Rp 221,5 juta
  4. Biaya peralatan elektronik dan nonelektronik: sekitar Rp 227 juta

Perlu diingat bahwa biaya renovasi akan disesuaikan dengan kondisi bangunan yang ada, sementara biaya peralatan akan disesuaikan dengan jenis toko yang akan dibuka.

Dengan memahami serta mempersiapkan modal awal dengan baik, Anda dapat memulai perjalanan bisnis franchise Indomaret dengan lebih siap.

Estimasi Omzet Franchise Indomaret

Estimasi omzet bagi pemilik franchise Indomaret dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi toko, ukuran gerai, dan tingkat persaingan di area tersebut.

Namun, secara garis besar, omzet pemilik franchise Indomaret biasanya berkisar antara Rp 200 juta hingga Rp 300 juta per bulan.

Berikut adalah perkiraan omzet bagi pemilik franchise Indomaret berdasarkan ukuran gerai:

  1. Toko ukuran kecil (200-300 meter persegi): Rp 100 juta hingga Rp 200 juta per bulan
  2. Toko ukuran menengah (300-500 meter persegi): Rp 200 juta hingga Rp 300 juta per bulan
  3. Toko ukuran besar (lebih dari 500 meter persegi): Rp 300 juta keatas per bulan

Perlu dicatat bahwa perkiraan omzet ini belum termasuk biaya operasional, seperti biaya sewa, listrik, hingga gaji karyawan.

Sebagai hasilnya, keuntungan yang bisa dinikmati oleh pemilik franchise Indomaret diperkirakan sekitar 50% dari omzet diperoleh.

Dengan memahami perkiraan omzet dan biaya operasional, pemilik franchise dapat mengelola bisnis mereka dengan lebih efektif & mengoptimalkan keuntungan mereka.

Syarat Franchise Indomaret

Jika Anda telah memutuskan untuk mengembangkan franchise Indomaret, langkah pertama yang harus Anda ambil adalah memastikan bahwa Anda memenuhi kriteria-kriteria berikut:

  1. Kewarganegaraan Indonesia: Anda harus menjadi warga negara Indonesia untuk memenuhi persyaratan franchise Indomaret.
  2. Lokasi dan Luas Toko: Anda harus menyediakan lokasi dengan luas antara 120 hingga 200 meter persegi terletak di area komersial strategis.
  3. Dokumen Perizinan: Anda harus memiliki semua dokumen perizinan diperlukan untuk pembukaan minimarket, termasuk Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUTM/IUTS), Izin Mendirikan Bangunan (IMB)/Perizinan Bangunan Gedung (PBG), Izin Usaha Gangguan (UUG)/Hak Otonomi (HO), Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atau Pajak Konsumsi (PKP), izin lingkungan, surat keterangan domisili (jika diperlukan), dan dokumen lainnya yang mungkin diperlukan.
  4. Investasi Awal: Anda harus menyediakan investasi awal sebesar Rp 494 juta untuk membuka franchise Indomaret.
  5. Kewirausahaan dan Fokus: Anda harus memiliki jiwa kewirausahaan kuat dan mampu fokus pada sistem franchise Indomaret.

Penting untuk diingat bahwa persiapan pembukaan franchise Indomaret membutuhkan waktu cukup lama, sehingga Anda perlu berkomitmen dan berdedikasi pada tahap awal, terutama jika Anda memulai dari nol.

Dengan memenuhi semua kriteria dan mempersiapkan diri dengan baik, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan dalam mengembangkan bisnis franchise Indomaret.

Cara Daftar Franchise Indomaret

Selanjutnya bagaimana cara daftar franchise Indomaret? berikut adalah prosedur yang harus Anda lakukan jika Anda berencana untuk membeli hak franchise Indomaret:

1. Persiapkan Dokumen

Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen, termasuk KTP dan kartu keluarga, untuk memverifikasi bahwa Anda adalah warga negara Indonesia (WNI). Pastikan juga untuk membuat salinan dokumen-dokumen tersebut jika diperlukan.

2. Tentukan Lokasi Strategis

Langkah selanjutnya adalah menemukan dan menyiapkan lokasi strategis untuk membangun toko. Pilihlah lokasi ramai atau berada di dekat ruang publik agar bisnis Anda dapat dikenal oleh banyak orang.

Karena kesuksesan bisnis Anda sangat dipengaruhi oleh lokasi toko, pastikan untuk menemukan lahan yang memiliki luas antara 120 hingga 200 meter persegi di area komersial.

3. Persiapkan Dokumen Usaha

Sejumlah dokumen usaha juga perlu disiapkan, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau Perizinan Bangunan Gedung (IPB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), rencana tata letak toko (site planning), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUTM/IUTS), Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atau Pajak Konsumsi (PKP), dan Izin Usaha Gangguan (UUG).

Pastikan Anda memiliki semua dokumen diperlukan untuk memulai bisnis Indomaret dengan lancar.

4. Investasi Awal

Salah satu persyaratan utama untuk memulai dan mengelola bisnis franchise Indomaret adalah memiliki modal awal cukup.

Anda perlu berinvestasi sejumlah uang untuk memperoleh hak franchise ini, dengan pembayaran yang akan dikirimkan kepada Indomaret sebagai pemegang hak franchise.

Investasi awal diperlukan untuk memulai bisnis franchise Indomaret mencapai Rp494 juta. Namun, jika Anda hanya tertarik untuk mengambil alih kepemilikan dari mitra sudah ada, Anda mungkin hanya perlu modal sekitar Rp 150 juta.

Biaya lisensi atau franchise yang harus dibayarkan selama masa kontrak lima tahun sudah termasuk dalam jumlah investasi ini.

5. Proses Pendaftaran

Setelah semua persiapan telah dilakukan, langkah selanjutnya dalam mendirikan franchise Indomaret adalah melakukan proses pendaftaran.

Anda dapat mendaftar melalui situs resmi Indomaret dan mengisi formulir pendaftaran franchise yang telah disediakan.

Dalam formulir tersebut, Anda akan diminta untuk menyerahkan semua dokumen dan informasi diperlukan. Setelah pendaftaran selesai, Anda akan diproses untuk langkah-langkah selanjutnya dalam menjadi pemilik franchise Indomaret.

6. Presentasi

Para calon pemohon franchise Indomaret harus menjalani dua tahap presentasi sebagai bagian dari proses aplikasi. Mereka harus menyampaikan file-file diperlukan sesuai dengan permintaan yang diajukan. Tahapan presentasi ini dijelaskan secara rinci di bawah ini:

1. Presentasi Pertama

Bagi calon penerima franchise yang telah menetapkan lokasi usahanya, disarankan untuk membawa fotokopi dokumen pendukung, seperti telah dijelaskan sebelumnya, serta rencana lokasi, untuk memastikan kelancaran dan kelancaran presentasi, serta untuk memfasilitasi tindak lanjut lebih lanjut.

Dalam presentasi awal ini, perincian tentang struktur kerjasama, perkiraan keuntungan bulanan, jumlah investasi diperlukan, dan sistem operasional toko akan dijelaskan secara komprehensif.

2. Presentasi Kedua

Presentasi kedua akan memperinci besarnya nilai investasi dengan didukung oleh hasil studi kelayakan dan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Biasanya, presentasi kedua diikuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), yang menetapkan peran masing-masing pihak antara pengusaha dan Indomaret dalam mempersiapkan pembukaan toko, pembelian peralatan toko, renovasi bangunan, seleksi dan pelatihan staf, serta jadwal pembayaran.

7. Pembukaan Toko

Setelah semua persyaratan telah terpenuhi dan pengajuan kerjasama telah disetujui, saatnya untuk membuka toko. Toko Indomaret yang baru dibuka ini akan mengikuti program promosi yang telah ditetapkan oleh Indomaret.

Setelah toko dibuka, Anda akan menandatangani kontrak franchise dengan Indomaret untuk jangka waktu lima tahun.

Indomaret akan memberikan bantuan kepada Anda sebagai pemegang franchise dalam mengurus berbagai hal, termasuk penataan toko, renovasi, perekrutan dan pelatihan karyawan, pembelian perlengkapan toko, dan segala hal diperlukan untuk operasional toko.

Ini merupakan bagian dari komitmen Indomaret untuk memastikan bahwa gerai baru dapat berjalan dengan lancar dan berhasil di pasaran.

Pedoman Operasional Franchise Indomaret

Berikut adalah beberapa panduan berguna untuk menjalankan franchise Indomaret bagi Anda yang baru saja bergabung atau telah menjalankan bisnisnya:

1. Patuhi SOP dengan Tepat

Anda dapat mengurangi risiko kesalahan dengan mematuhi Prosedur Operasional Standar (SOP) telah ditetapkan oleh Indomaret.

Sebagai franchise besar, Indomaret memiliki standar tinggi dalam hal kualitas produk dan layanan pelanggan.

Tingkatkan kinerja operasional sesuai SOP dan secara teratur evaluasi kinerja tim. Jika ditemukan kesalahan, segera tindaklanjuti sebagai tanggung jawab Anda sebagai pengelola.

2. Pilih Lokasi Tepat

Pemilihan lokasi strategis sangat penting untuk kesuksesan toko Anda. Pastikan untuk memilih lokasi mudah diakses oleh calon pelanggan.

Anda dapat mempertimbangkan untuk membuka toko franchise Indomaret di dekat kampus atau di daerah industri padat.

3. Perkuat Pemasaran Toko

Setelah konstruksi toko selesai, Anda perlu melakukan upaya pemasaran tambahan. Meskipun brand Indomaret sudah dikenal luas, Anda masih perlu membuat konsumen lebih tertarik untuk mengunjungi toko Anda.

Anda dapat menggunakan berbagai strategi pemasaran menarik, termasuk pemasaran digital melalui media sosial. Pemasaran digital sangat dianjurkan mengingat tren zaman semakin beralih ke aktivitas online.

Dengan strategi pemasaran efektif, Anda dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan meningkatkan penjualan toko Anda.

4. Peningkatan Layanan Konsumen

Kualitas layanan adalah faktor kunci dalam industri ritel. Anda dan staf Anda harus memberikan perhatian khusus dan melakukan tindakan-tindakan dasar seperti senyum, sapaan ramah, dan menciptakan lingkungan nyaman bagi konsumen.

Oleh karena itu, peningkatan pelayanan toko harus menjadi prioritas serius. Kepuasan pelanggan memiliki dampak positif langsung pada penjualan.

Dengan memberikan layanan ramah berkualitas, Anda dapat membangun hubungan kuat dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap merek Indomaret.

5. Rencanakan Strategi Bisnis Anda

Keberhasilan setiap franchise bisa bervariasi tergantung pada rencana dan strategi diterapkan. Menetapkan tujuan bisnis jelas adalah kunci untuk mencapai kesuksesan.

Anda perlu merencanakan dengan baik, mengevaluasi hal-hal perlu diperbaiki, dan mengurangi potensi masalah.

Dengan memiliki rencana bisnis solid dan strategi tepat, Anda dapat memastikan bahwa bisnis Anda tetap kompetitif dan berhasil di pasar yang semakin berubah dan kompetitif. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan kinerja dan profitabilitas toko Anda.

Dengan prospek menjanjikan dan omzet besar, bisnis franchise Indomaret dapat menjadi pilihan menarik dan menguntungkan.

Dengan modal sekitar 300 hingga 500 juta rupiah, Anda dapat memiliki bisnis ritel modern yang telah terbukti sukses di kalangan masyarakat.

Jadi, mengapa menunggu lagi? Mulailah perjalanan bisnis Anda dengan franchise Indomaret sekarang juga dan dapatkan kesempatan untuk mendapatkan kembali modal Anda dalam waktu singkat!

Bagikan artikel